Keseruan Acara Google I/O Extended Surabaya 2015

Google I/O adalah konferensi pengembang perangkat lunak tahunan yang diselenggarakan oleh Google di San Francisco, California. Google I/O menyediakan sesi mendalam teknik tinggi, difokuskan untuk membangun situs web, mobile, dan aplikasi yang digunakan untuk perusahaan dan teknologi web terbuka seperti Android, Google Chrome, Chrome OS, Google API, Google Web Toolkit, App Engine, dan lain-lain.

Google I/O dimulai pada tahun 2008. "I" dan "O" yang ada di Google I/O adalah input/output, dan "Innovation in the Open". Format dari acara tersebut mirip seperti dalam acara Google Developer Day - Sumber Wikipedia

Nah saya juga menghadiri Google I/O Extended yang diadakan oleh DGD Surabaya, jika Google I/O yang asli di Moscone Center, San Francisco. Maka Google I/O yang diadakan di daerah daeran lain disebut dengan Google I.O Extended. Intinya Google I/O itu adalah pertemuan para developer software dari seluruh dunia yang diadakan setiap tahun oleh Google. Nah di acara ini pula Google juga memperkenalkan beberapa update terbarunya, fitur-fitur barunya dan banyak yang diperkenalkan kepada public.
Google I/O 2015 - #CatatanNgawur
Google I/O 2015 - #CatatanNgawur
Acara Google I/O Extended yang diselenggarakan di Surabaya ini berlangsung sangat menarik, karene dibawakan oleh dua MC kocak yang selalu membuatku ketawa dengan tingkah mereka saat membawakan acara.Dan kebetulan juga Badan mereka berdua mewakili acara pada waktu itu. Mas Kamil sebagai "I" dan mas Ruben sebagai "O"

Acara Google I/O Extended dimulai dari pengenalan beberpa startup yang ada di Surabaya, diantaranya "Kindorm", "Anterin-Dong", dan "Bantu Temuin". Kemudian dilanjutkan dengan Pengenalan Game oleh Founder "Solite Studio" yaitu Mas Ghalib. Mas Ghalib menjelaskan sekilas tentang Solite Studio mulai dari awal berdirinya sampai bisa memenangkan kompetisi "Imagine Cup" yang diadakan oleh Microsoft di Rusia.

Mas Ghalib juga memaparkan bagaimana kita jika ingin membuat Game. Jadi jika ingin membuat Game setidaknya ada dua hal yang mutlak diperlukan, "Programmer" dan "Artist". Jadi Programmer itu yang bertugas di bagian CODING, sedangkan Artist yang bertugas dibagaian Design Karakter dan lain sebagainya. Namun secara keseluruhan yang mutlak diperlukan jika ingin membuat startup "GAME" khususnya, yaitu : Programmer, Artist, Game Design, Producer & Music Composer.

Penjelasan tentang GAME sangat gamblang dijelaskan oleh Mas Ghalib dari Solite Studio, mulai dari Ide,Developnya pakai Software apa saja, trus game tersebut bisa di-export ke beberapa platform serta bagaimana cara upload di store dan bagaimana memanfaat kan Google Analytics dan AdMobuntuk mendapatkan penghasilan di Game yang dibuat.

Materi selanjutnya langsung dibawakan oleh "MAXI" yang dimana dia membuat startup untuk menghilangkan kegalauan masyarakat di Indonesia. Nama Aplikasinya adalah RELIEVE. Jadi Relieve ini merupakan software social media untuk mereka-mereka yang galau jika ingin curhat dan bisa saling terhubung dengan orang lain tanpa diketahui identitasnya. Jadi kita sebagai "Anonymous" ketika menggunakan Aplikasi tersebut.

RELIEVE banyak bekerjasama dengan para Psikiater di Indonesia, jadi aplikasi ini bisa dijadikan konsultasi Online bagi galauers yang mempunya masalah sehingga masalahnya bisa diatasi. Dan sebagai gantinya Galauers tersebut memberikan point kepada konsultannya sebagai appresiasi.

Dan acara Inti pun dimulai yaitu Google I/O 2015 Keynote yang disiarkan langsung dari Moscone Center, San Fransisco.

Dan Terakhir terima kasih ya atas hadianya. Alhamdulillah saya dapet PowerBank dari "GDG Surabaya" .

Disqus Comments