#NulisRamadhan : Tarawih dan Tadarus di Bulan Suci

#NulisRamadhan : Tarawih dan Tadarus di Bulan Suci - Udara sedikit sejuk yang hampir terlalu dingin menyapa kami yang baru saja selesai menjalankan Ibadah shalat isya' dan shalat tarawih di malam ke-4 bulan Ramadhan ini. Malam yang cukup berbeda dengan malam-malam sebelumnya, kini masjid lebih sesak dengan orang yang menunaikan shalat Isya' dan shalat tarawih. Biasanya pada hari biasa jemaah shalat di Masjid Al-Islah Pogag ini hanya mentok di 4-5 shaf saja, namun malam ini seluruh ruangan di Masjid hampir penuh dengan jemaah shalat tarawih, ada yang sampe di emperan masjid segala.
Tarawih Ramadhan
Shalat Tarawih Ramadhan - Sumber : http://www.halloriau.com

Shalat tarawih atau yang sebagian orang menyebutnya dengan shalat teraweh itu sendiri merupakan shalat sunnah yang hanya dilakukan pada bulan suci Ramadhan saja. Menurut buku yang saya baca "Tarawih" itu merupakan bentuk jama' dari kata "Tarwiihah" yang artinya "waktu sesaat untuk beristirahat". Sedangkan waktu pelaksanaan shalat tarawih itu sendiri adalah selepas shalat Isya' dengan jumlah rakaat yang beragam, ada yang melaksanakan shalat tarawih sebanyak 8 rakaat dilanjutkan dengan 3 rakaat witir. Ada juga yang melaksanakannya dengan jumlah rakaat 20 rakaat dan 3 rakaat witir.
Tadarus Ramadhan
Tadarus Ramadhan - Sumber : talimulquranalasror.blogspot.com

Selepas shalat tarawih seperti terasa yang berbeda, terdengar banyak suara dari loudspeaker hampir di semua masjid dan mushalla di dekat rumah bahkan mungkin di dunia, yaitu suara orang Tadarus Al-Qur'an. Tadarus Al-Qur'an biasanya dilakukan oleh banyak orang yang berkumpul dalam suatu majlis dan membaca Al-Qur'an secara bergiliran. Pada bulan Ramadhan ini kegiatan tadarus ini sedikit beda, karena tidak jarang kita temui aneka takjil yang disuguhkan kepada orang-orang yang sedang tadarus di masjid yang diberikan oleh masyarakat sekitar.

Jika lebih kita teliti lagi, ada sedikit hal yang agak unik lah menurut saya mengenai shalat tarawih dan tadarus Al-Qur'an yang biasa dilakukan pada bulan Ramadhan ini. kata "UNIK" menurut saya bukan dari segi ibadahnya ya, namun dari fenomenanya. Kalau kita sedikit memperhatikan pada awal bulan Ramadhan jemaah shalat tarawih di Masjid atau Mushalla biasanya sangat banyak memenuhi masjid bahkan sampe emperan Masjid juga terisi, namun ketika sudah hampir akhir Ramadhan terasa sekali pengurangan dari jemaah shalat tarawih yang jumlahnya perlahan mulai berkurang. Betul tidak??

Saya tidak mau berprasangka buruk soal itu namun ini memang kenyataannya begitu, tidak hanya di kota-kota besar bahkan di Desa sekali pun tidak jarang kita menemui hal seperti ini. Namun semuanya kembali pada diri kita masing-masing, pastilah ada alasan tersendiri mengenai mengurangnya jemaah shalat tarawih ini, ada yang Mudik jika di kota besar atau juga ada kepentingan lain yang tidak bisa ditinggalkan.

Ah, mungkin sukup dulu untuk catatan ngawur dengan hastag #NulisRamadhan kali ini, semoga kita di bulan suci ini senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah, dan semoga amal kita dilipatgandakan sebanyak-banyaknya oleh Allah SWT. Aamiin.

Disqus Comments