Air Terjun Madakaripura yang Mempesona

7/24/2015
Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura
Jauhnya destinasi tempat wisata dari rumah membuat saya sedikit kurang tertarik untuk pergi kemana-mana. Biasanya hanya berdiam diri di Rumah sambil menikmati pemandangan sekitar yang masih sangat alami. Sesekali mengunjungi tempat-tempat wisata yang masih cukup dekat dengan Rumahku yang di Probolinggo.

Sempat terbesit di kepala untuk mengunjungi Wisata Air Terjun Madakaripura. Sebuah lokasi wisata yang sudah saya impikan untuk mengunjunginya sejak dua tahun yang lalu. Karena keterbatasan waktu saat mudik, juga karena dana untuk mengunjungi air terjun nan indah tersebut masih kurang sehingga saya selalu menunda untuk mengunjunginya.

Sampai beberapa waktu yang lalu...

Alasan utama saya mengunjungi Air terjun Madakaripura ini adalah karena saya mudik ke Probolinggo menggunakan motor. Biasanya setiap mudik kesini selalu menggunakan bus, sehingga untuk pergi kemana-mana kurang leluasa (juga tergantung dana sih..)

Pagi-pagi buta saya dibangunkan oleh nenek dan disuruh untuk lekas bersiap balik ke Madura. Dua minggu di Probolinggo cukup lah untuk melepas kerinduan saya kepada Kakek dan Nenek. Aku langsung bergegas mandi dan sarapan sebelum siap-siap belik ke Madura. Semuanya sudah dipersiapkan. Langsung berpamitan kepada Kakek dan Nenek, serta para tetangga dan kemudian saya dan adik saya langsung berangkat.

Sesampainya di Tongas saya tidak sengaja melihat papan yang bertuliskan "Air Terjun Madakaripura". Saya langsung menghentikan motor saya. Sempat terbesit di kepala "Ini air terjun yang saya impikan sejak 2 tahun lalu, masak mau lewat lagi?"


Setelah berunding dengan adik saya, maka langsung kita memutuskan untuk mengunjungi Air Terjun Madakaripura. Kita langsung putar balik dan mengikuti jalan menuju ke Madakaripura. Terletak di Kecamatan Lumbang, Probolinggo, Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Setelah satu jam perjalanan (Sekitar 45 km dari Jalan Raya Tongas) maka saya sampai di pintu masuk Wisata Air Terjun Madakaripura. Dengan membayar tiket Rp 5.000,- per orang (cukup terjangkau) maka saya langsung melanjutkan perjalanan menuju lokasi air terjun yang berjarak sekitar 5 km sebelum sampai di tempat pemberhentian terakhir sekaligus menjadi tempat parkir kendaraan.
Patung Gajah Mada
Patung Gajah Mada Menyambut Kami
Setelah beristirahat dan menyeruput kopi panas di pagi yang cukup dingin maka kami langsung melanjutkan perjalanan. Dari Pemberhentian terakhir ini perjalanan hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki sejauh 1,3 KM.

Walaupun berjalan kaki sejauh itu capeknya tidak terasa karena sepanjang perjalanan kita dimanjakan oleh pemandangan tebing tinggi nan cantik dan hijau. Juga ditemani dengan riak air yang mengalir dari air terjun Madakaripura.
Pemandangan Tebing sepanjang perjalanan
Pemandangan Tebing sepanjang perjalanan
Sesampainya di Air Terjun Madakaripura, kalimat pertama yang terucap adalah "Subhanallah dan Alhamdulillah" begitu indah Allah menciptakan air terjun yang seindah ini. Air terjun yang tingginya mencapai 200 meter merupakan yang tertinggi di Pulau Jawa serta tertinggi kedua di Indonesia. Air terjun ini berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.

Air Terjun Madakaripura, Probolinggo
Air Terjun Madakaripura, Probolinggo
Melihat pemandangan yang sangat menakjubkan ini maka langsung saya tidak melewatkan sesi terpenting dalam perjalanan ini, yaitu dokumentasi (baca:foto-foto). Dengan kamera seadanya saya langsung memotret setiap keindahan dari air terjun yang disebut-sebut dengan "Air Terjun Abadi" ini.

Dinginnya air terjun ini membuat saya betah berlama-lama di tempat ini. Sesekali saya berdiri di bawah air yang sedang jatuh dari tebing setinggi 200 meter tersebut. Air terjun ini terus-menerus mengalirkan curah air bepadu indah dengan lumut berkilauan akibat terkena sinar matahari.

Setelah puas bermain air di Air Terjun Madakaripura, maka saya langsung bergegas kembali untuk melanjutkan perjalanan pulang ke Madura. Sungguh ini pengalaman yang sangat menakjubkan.

We will be back..!!
Selamat berakhir pekan...

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

10 komentar

tempatnya ajib banget gan, cuma kok jauhnya itu ya... haha... tapi boleh nih referensi buat touring kesana sama pio ku... mayan bisa buat celpi2 ahahh celpi ma patung nya

Balas

Yah, lumayah jauh juga sih.. Kalo dari Surabaya apalagi dari Jakarta.. Hehehe...
Tapi sumpah tempatnya keren bangt, recomended lah buat didatengi tuh tempat wisata.

Makasih lho udah mampir.

Balas

Tempatnya bagus, cuman letaknya jauh..

Balas

Yupz, lumayan jauh sih... Dari tempatku aja hampir 70 KM..
But jauhnya bisa teratasi dengan keindahan dari air terjun abadi ini..

Balas

Hehehe... Bener juga tuh...
Banyakk orang yang bilang sih, air terjun dengan hujan abadi..

Balas

Air terjun madakaripura ini identik sekali dg Patih Gadjah Mada dan itulah yg membuat saya juga ingin ke sana. Berwisata alam dan mengunjungi situs sejarah.

Balas

Jalan-jalan ke wisata air terjun itu selalu asik, biarpun aksesnya cenderung terjal dan harus melewati anak tangga yang panjang, tapi pemandangan sekitar bisa banget jadi penawar rasa pegal.

Balas

Pokoknya ngga terasa capek deh walau untuk menuju ke lokasi harus berjalan sejauh 1,3 KM dulu.

Rasa capek teratasi dengan keindahan alam di sekitar Air Terjun Madakaripura.

Balas

Nah itu,
Langsung saja masukkan kedalam list destinasi liburan selanjutnya.

Balas

Ya ampunnnnn tempatnyaaaa!!!! surga kecil yang jatuh ke bumi Indoesiaaaaaa!

Balas