Tips Menghadapi Sidang Skripsi

"Skripsi bukanlah MONSTER yang menakutkan. Tiap mahasiswa, tiap jurusan, maupun bidang studi pasti punya keunikan dan tata cara sendiri untuk menghadapi skripsi dan ujiannya".
Saat sidang SKRIPSI
Saat sidang SKRIPSI - Gambar dari sini
SKRIPSI, ada yang bilang "SkripSweet" dan ada juga yang menyebutnya dengan sebutan "SkripSh#t". Yupz kata ini seperti monster saja, banyak ditakuti oleh Mahasiswa. Aku awalnya juga takut sih sama kata yang satu ini. Hehehe.. Skripsi merupakan tanggung jawab Mahasiswa yang ingin menyelesaikan studinya di kampus, baik itu jenjang D3 ataupun S1.

Mengapa aku takut dengan Skripsi? Jawabannya karena aku masih belum pernah menghadapinya. Setahun yang lalu saat aku masih semester 6 di kampus, skripsi sangat aku takuti. Ditambah lagi cerita-cerita negatif yang disampaikan oleh kakak tingkat yang baru saja menjalani sidang skirpsi. Tidak sedikit dari mereka yang mengeluh karena di ruang sidang dibantai habis-habisan oleh dosen penguji.

Namun, setelah beberapa saat yang lalu aku menghadapi sidang SKRIPSI, ternyata eh ternyata tidak se-menakutkan  yang aku bayangkan setahun yang lalu saat kakak tingkat bercerita. Nah, kali ini aku akan sedikit share 6 tips dan persiapan dalam menghadapi skripsi tidak terlalu menakutkan. Yuk langsung saja.

Buanglah paradigma Negatif tentang SKRIPSI.

Seperti yang aku sudah utarakan di awal catatan ini, skripsi sedikit banyak ditakuti oleh Mahasiswa sehingga hal ini menyebabkan Mahasiswa dari awal sudah berfikir negatif tentang SKRIPSI. Padahal skripsi itu tidak segalak "Kak Ros" dalam serial animasi upin-ipin lho, Hehehe.. Berfikirlah positif, dan berfikirlah bahwa kita BISA menghadapi skripsi ini.

Carilah topik yang sesuai dengan kemampuanmu.

Dalam menyusun Tugas Akhir / Skripsi, topik bahasan menjadi hal yang sangat penting. Maka dari itu carilah "Topik" yang sesuai dengan kemampuan kamu saat ini, karena itu akan memudahkanmu untuk kedepan saat mulai menyusun dan menghadapi sidang skripsi. Kalau topik skripsi sudah kita kuasai, selain lebih mudah, kita juga akan selalu semangat dalam mengerjakannya.

Buatlah skripsimu sendiri.

Skripsi merupakan tanggung jawab study kita selama di bangku kuliah. Bisa dibilang sih SKRIPSI ini merupakan kenang-kenangan terindah kita selama belajar di Kampus. Jadi, usahakan kita membuat skripsi dengan  kerja keras kita sendiri, walaupun terasa lebih sulit. Akan ada kepuasan tersendiri jikalau kita menyelesaikan Tugas Akhir / Skripsi ini dengan kerja keras sendiri.

Memang sih "Membeli Skripsi" saat ini sudah bukah hal yang asing lagi, karena mereka fikir skripsi itu sesuatu yang sangat sulit atau mungkin karena ada faktor lain. Tapi, tetap saja membuat skripsi sendiri itu lebih baik dan lebih memuaskan hasilnya.

Kuasai Materi

Materi penelitian merupakan salah satu poin yang pasti akan ditanyakan oleh penguji di ruang sidang. Menguasai materi akan mempermudah kita dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh penguji. Apabila kita tidak faham akan materi tugas akhir / skripsi yang dibuat, maka itu bisa menjadi senjata makan tuan. Tidak sedikit dari teman-temanku yang harus melakukan ujian ulang dikarenakan mereka masih kurang memahami 100% materi yang diangkatnya sebagai topik Skripsi. Maka dari itu banyak-banyaklah membaca literatur yang berhubungan dengan skripsi, baik itu berupa buku di Perpustakaan, berita, jurnal atau materi dari internet.

Siapkan list pertanyaan.

Sebelum sidang ada baiknya kita mempersiapkan beberapa daftar pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan oleh dosen penguji kepada kita saat melakukan presentasi, juga siapkan pula kemungkinan jawaban yang bisa kita paparkan kepada dosen penguji. Sesekali saat memaparkan materi presentasi, buatlah "Lubang Jebakan" yang akan memancing penguji nantinya akan bertanya pada titik tersebut. Tentu saja, kita juga harus siapkan jawabannya terbaik. Dengan begitu Kita akan tampak outstanding di hadapan penguji.

Terlepas dari itu, kita juga harus sadar bahwasanya skripsi kita dan apa yang kita sampaikan kepada dosen penguji tidak mutlak sempurna. Pastilah dosen penguji tahu kelemahan dan kekurangan dari skripsi kita.

Stay Cool

Stay cool atau bersikap tenang juga tidak kalah penting. Tenang dalam hal apa? Tenang dalam menyampaikan materi presentasi, tenang dalam menjawab pertanyaan yang diajukan dosen penguji. Karena menurut pengalamanku kemarin, dengan ketenangan fikiran dan hati kita akan enjoy dalam menjawab pertanyaan penguji walau merekan terus membantai dengan amunisi pertanyaan yang ganas.

Semoga tips tentang persiapan menghadapi sidang skripsi ini bisa membantu teman-teman yang akan menghadapi sidang skripsi selanjutnya..

Disqus Comments